Maraknya Bisnis Travel Online di Indonesia


FENOMENA INDUSTRI PARIWISATA: Maraknya Bisnis Travel Online di Indonesia


Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya zaman, teknologi yang dihasilkan oleh manusia pun semakin berkembang pula. Pada zaman sekarang, manusia diberbagai macam kalangan dan usia telah dimanjakan dengan kecanggihan teknologi yang dalam hal ini menyangkut dengan penggunaan internet. Tak hanya digunakan untuk mencari ilmu, layanan internet atau online pun saat ini telah berkembang pesat dan merambah di kehidupan masyarakat terutama dibidang pariwisata.
Dahulu, perjalanan ke luar negeri merupakan sesuatu yang sangat mewah, hanya orang-orang dari kalangan atas saja yang bisa melakukannya. Beda halnya dengan yang terjadi saat ini. Perjalanan ke luar negeri bukanlah lagi sesuatu hal yang sulit dan mewah untuk dilakukan. Bahkan perjalanan ke luar kota pun bisa dikatakan sebagai sesuatu yang sangat mudah. Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan manusia untuk melakukan perjalanan wisata pun ikut berkembang. Bahkan ada saja orang-orang yang bisa dikatakan masih dalam kategori remaja melakukan perjalanan entah ke luar kota maupun ke luar negeri tiap minggunya hingga tiap bulannya bersama teman ataupun keluarganya. Dengan hal ini pula, perjalanan wisata sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer bagi sebagian orang. Perjalanan wisata bukanlah lagi termasuk kebutuhan yang hanya dilakukan di kala waktu liburan saja. Hal itu merupakan dampak yang terjadi akibat semakin menyebarnya layanan tiket online di Indonesia. Tidak hanya tiket pesawat, penumpang pun dapat memesan tiket kereta api, tiket kapal laut, tiket atraksi wisata, hotel, maupun paket tur. Para penumpang tidak lagi perlu datang ke sebuah kantor agen tour & travel, cukup dengan smartphone yang ada di tangan, mereka dapat melihat dan mengecek sendiri harga dan jadwal yang sesuai dengan keinginan dan pastinya sesuai dengan budget yang mereka miliki.
Sebenarnya layanan tiket online atau biasa disebut online travel bukanlah hal yang baru di Indonesia. Bahkan beberapa tahun yang lalu, fenomena online travel ini sudah muncul. Tetapi, masyarakat Indonesia saat itu belum menganggap perjalanan wisata adalah sesuatu yang penting dan hanya melakukan perjalanan beberapa kali saja dalam setahun bahkan ada pula yang hanya setahun sekali. Selain itu, masyarakat terutama orang yang masih awam terhadap internet pun masih menganggap bahwa pembelian tiket secara online terlalu sulit karena terdapat berbagai macam tahap yang harus dilakukan. Mereka pun masih merasa ragu atau takut akan adanya penipuan karena tidak ada kantor yang dapat mereka hubungi dan kunjungi secara langsung apabila terdapat masalah. Maka dari itu, dahulu masyarakat masih rela untuk mendatangi kantor agen tour & travel meskipun itu berjarak jauh dari rumah mereka demi terhindar dari adanya penipuan. Menurut pendapat mereka, mendatangi sendiri dan membeli langsung tiket di kantor agen tour & travel lebih baik dibandingkan harus memesan tiket online karena mereka dapat berdiskusi maupun bertanya-tanya terlebih dahulu tentang tiket yang akan mereka beli dan dapat dipastikan jika membeli sendiri tiket di agen tour & travel akan sangat aman dan juga terhindar dari penipuan yang marak terjadi di internet.
Beda halnya dengan apa yang terjadi saat ini, kemudahan dalam melakukan perjalanan wisata diiringi dengan maraknya bisnis travel online yang semakin merajalela di Indonesia. Masyarakat tidak lagi ragu dan takut untuk membeli tiket online. Dahulu mungkin hanya ada penjualan tiket pesawat online saja, tetapi dikarenakan kebutuhan untuk melakukan perjalanan semakin besar maka ruang lingkupnya semakin melebar. Seperti yang telah disebutkan, masyarakat bisa membeli tiket kereta api, kapal laut, voucher hotel, hingga tiket masuk untuk beberapa tempat wisata di dalam maupun di luar negeri.
Berbagai macam aplikasi travel online menawarkan kemudahan serta kepraktisan yang berbagai macam pula. Tak jarang para penggerak bisnis travel online memberikan promo maupun potongan harga yang tidak sedikit. Hal itu dilakukan untuk menarik minat para konsumen untuk membeli tiket pesawat, kereta api, voucher hotel, dan lain sebagainya. Ambil saja salah satu contohnya yaitu web atau aplikasi traveloka. Banyak sekali kemudahan yang diberikan di waktu tertentu. Traveloka pun sangat membantu para pelancong yang ingin membeli tiket pesawat maupun hotel dan tentunya terjamin akan terhindar dari kasus penipuan.
Selain adanya promo-promo yang diberikan, Customer Service pun siap melayani setiap saat, bahkan ada juga yang melayani hingga 24 jam. pemesanan tiket dan hotelnya juga bisa dibilang sangat mudah karena tampilan yang simple dan proses pembayarannya pun cukup mudah karena terdapat berbagai macam cara seperti transfer, menggunakan kartu kredit, atau cara pembayaran lainnya. Proses pembeliannya cepat, efisien, dan efektif. Selain itu, banyak juga situs tiket online yang telah terdapat versi mobilenya. Jadi, kita dapat dengan mudah mengakses aplikasi tersebut menggunakan telepon genggam dan dapat memesan tiket kapan pun dan dimana pun.
Tak hanya kelebihan, ternyata kekurangan juga masih ditemukan dalam pembelian tiket secara online seperti belum tercangkup ataupun tidak lengkapnya destinasi-destinasi yang ada di aplikasi, biasanya hanya destinasi terkenal dan sering dikunjungi saja yang tersedia, itu berlaku untuk tiket domestik maupun internasional. Selain itu dikarenakan travel online berbasis online dan menggunakan internet, belum semua lapisan masyarakat dapat mengaksesnya terutama masyarakat di daerah pelosok.
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, masyarakat pun disibukkan dengan berbagai macam aktivitas yang membuat mereka memilih untuk menggunakan sesuatu yang praktis, dalam hal ini menyangkut pembelian tiket online. Selain banyaknya manfaat dan kelebihan yang ditemukan, ada juga kekurangan yang sampai saat ini belum bisa dihindari. Masyarakat pun diminta untuk bijak dalam menggunakan aplikasi dan selalu hati-hati dalam melakukan transaksi pembayaran apalagi penawaran yang belum jelas adanya agar terhindar dari kasus penipuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dwidaya Branch Margo City

The Indonesian Hakka Museum

Why I do Tour Travel?